Senin, 20 Januari 2014

konsep dewasa di brazil

Dian Puspitasari K
1171040103
Hurlock (1999) mengatakan bahwa masa dewasa awal dimulai pada umur 18 tahun sampai umur 40 tahun, saat perubahan-perubahan fisik dan psikologis yang menyertai berkurangnya kemampuan reproduktif. Pada masa dewasa telah banyak kebijakan yang tidak sama lagi ketika masih berusia remaja, misalnya dari segi tanggung jawab, beban tanggung jawab orang dewasa jauh lebih kompleks. Masa dewasa sudut pandang psikologi yakni kematangan (maturity), kemandirian (independensi) warga belajar. Orang dewasa adalah pribadi yang matang dan independen, dan telah mengalami beberapa tahapan proses psikologis yang berbeda dari psikologis anak-anak. Mereka telah memiliki standar sendiri, memiliki pengalaman dan butuh penghargaan.
Di Negara Brazil, konsep orang dewasa hampir sama dengan konsep dewasa negara barat yaitu mengedepankan kemandirian bukan hanya dilihat pada usianya. Di brazil orang dewasa adalah orang yang bersikap mandiri telah berusia matang, memiliki pekerjaan dan tempat tinggal yang tidak satu atap lagi dengan orang tua. Kemudian dari segi pendidikan orang dewasa berlangsung kapan saja, sepanjang hidup setelah matang atau dewasa, mandiri dan independen. Tidak terikat pada ruang tertentu dengan materi yang sesuai dengan kebutuhan warga belajar terutama dari pengalaman warga belajar dan disampaikan dengan metode demokratis, terbuka, saling menghargai dan berbagi pengalaman yang ditunjang oleh pendidik sebagai fasilitator yang memiliki filsafat kerja dan keinginan membantu warga belajar.

orang dewasa umumnya dinegara Brazil belajar karena membutuhkan tingkatan perkembangan dalam menghadapi peranannya apakah sebagai pekerja, orang tua, pimpinan suatu organisasi, dan lain-lain. Kesiapan belajar mereka bukan semata-mata karena paksaan akademik, tetapi karena kebutuhan menghadapi masalah hidupnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar